Tanjung Selor-Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) ke-9 Tahun menjadi momentum untuk mengembalikan HUT Kaltara yang sebelumnya jatuh pada tanggal 22 April menjadi 25 Oktober berdasarkan Undang-Undang tahun 2012 tentang Pembentukan Provinsi Kalimantan Utara. 

Demikian dikatakan Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang saat memberikan sambutan dalam acara peringatan HUT Kaltara ke-9 di Lapangan Agatis, Kota Tanjung Selor, Senin (25/10). Acara berlangsung dengan khidmat dan lancar dengan mengangkat tema ‘Kaltara Peduli, Kaltara Bersinergi, Kaltara Di Hati’. 

“Perjalanan panjang, perjalanan yang sangat melelahkan, perjalanan yang sangat meletihkan, tapi tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh mahasiswa, para bupati dan walikota saat itu berupaya tanpa kenal lelah untuk terbentuknya Provinsi Kalimantan Utara menjadi provinsi ke-34 di negara ini,” ungkap Gubernur.

Selain itu, Gubernur juga mengungkapkan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya atas semangat dan antusias masyarakat dalam memeriahkan dan menyemarakkan peringatan HUT Kaltara.

Sebab terhitung sejak bulan September, rangkaian kegiatan dalam menyambut serta memeriahkan HUT Kaltara telah dilaksanakan seluruh kabupaten/kota di Bumi Benuanta.

“Berbagai event kegiatan telah dan akan dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ini,” jelas mantan Wakapolda Kaltara ini.

“Tidak kurang dari 50 rangakaian kegiatan dalam rangka peringatan HUT Provinsi Kaltara ke-9,” tambahnya lagi.

Gubernur berharap dari kegiatan-kegiatan tersebut kelak dapat menjadi magnet bagi wisatawan untuk memilih Kaltara sebagai destinasi wisata.

Dalam kegiatan acara peringatan HUT Kaltara ke-9 ini terdapat prosesi pembacaan sejarah terbentuknya Kaltara, pemotongan tumpeng, penyerahan sertifikat warisan tak benda, launching kartu ATM komunitas bantuan keuangan Kaltara dan kartu ATM komunitas ASN, penyerahan penghargaan ASN, serta launching buku ‘Kriya Batik Kaltara’. (el.r/dkispkaltara)