Presiden Joko Widodo Lantik Gubernur dan Wagub Baru Kaltara

Tanjung Selor – Presiden Joko Widodo melantik Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal Arifin Paliwang dan Yansen Tipa Padan di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/2) pukul 09.00 WIB.

Proses pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara baru dimulai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Presiden oleh Presiden Joko Widodo kepada Gubernur Zainal dan Wagub Yansen. Setelah proses penyerahan SK, dalam keadaan hujan Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, pasangan Gubernur dan Wagub Kaltara Zainal-Yansen bersama-sama menuju Istana Negara untuk melaksanakan pelantikan. Sejumlah pasukan kirab mengiringi perjalanan rombongan.

Sejumlah tamu telah menunggu, pasangan calon Gubernur dan Wagub Kaltara Zainal-Yansen masuk terlebih dahulu, disusul oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Pelantikan diawali dengan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan pembacaan SK Presiden tentang pelantikan pasangan Gubernur Zainal dan Wagub Yansen. “Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 19P tahun 2021 dan 21P tahun 2021 ”, ujar Deputi Administrasi Aparatur Kemensetneg Nanik Purwanti. Selanjutnya pengambilan sumpah jabatan Gubernur dan Wagub Kaltara yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Pelantikan dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin serta para tamu undangan yang menandai berakhirnya prosesi pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara.