Tanjung Selor, Seiring dengan pertumbuhan penduduk di Kaltara kebutuhan akan moda transportasi pun meningkat. Hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor sebesar 7% atau sebanyak 21.772 kendaraan dari pada tahun 2018. Mayoritas warga benuanta menggunakan sepeda motor dari pada mobil.

Kota tarakan dengan penduduk terbanyak juga menempati urutan teratas dalam hal jumlah sepeda motor, mobil penumpang dan truk (termasuk pick-up dan sejenisnya baik kendaraan bukan umum, umum dan dinas) . Sementara Bulungan memiliki jumlah bus (micro bus dan sejenisnya baik kendaraan bukan umum, umum dan dinas) terbanyak dibanding 4 kab/kota lainnya.


Banyaknya kendaraan bermotor berimbas juga pada penerimaan pajak kendaraan bermotor dimana dengan meningkatnya jumlah kendaraan, jumlah pajak yang di terima daerah pun meningkat 4% dari tahun sebelumnya. Pada akhir 2019 tercatat pendapatan pajak dari kendaraan bermotor mencapai 77,5 Miliar dan target tahun 2020 sebesar 99 Miliar. Sampai dengan Juni 2020 penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor sudah mencapai Rp. 32.948.419.100 (yes).