Tanjung Selor-Mewakili Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Datu Iqro membuka kegiatan Asistensi dan Pra Evaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) kabupaten/kota tahun 2020 pada Rabu, (9/6/2021) kemarin. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Luminor ini diselenggarakan selama dua hari dari tanggal 9 hingga 10 Juni dan diikuti oleh seluruh kabupaten/kota serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemprov Kaltara.

Dalam sambutannya, Datu Iqro menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melakukan penilaian sementara terhadap kinerja penyelenggaraan urusan Pemerintahan Daerah (Pemda) dengan harapan bahwa LPPD dapat dimaksimalkan sebelum pelaksanaan evaluasi final.

“Harapannya capaian indikator kinerja kunci pada LPPD dapat dimaksimalkan sebelum di evaluasi oleh timnas EPPD (Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, red),” ujarnya.

Ia pun menambahkan bahwa asistensi dan supervisi terhadap LPPD ini merupakan upaya Pemprov dalam mengidentifikasi permasalahan dalam proses penyususnan LPPD sekaligus mencari solusi untuk menyamakan persepsi dalam mewujudkan penyusunan LPPD yang lebih baik lagi.

Tujuan lainnya juga disampaikan agar kegiatan ini bisa menjadi media diseminasi informasi yang efektif dalam rangka persiapan pelaksanaan evaluasi LPPD tahun 2020.

Datu Iqro juga mengatakan bahwa LPPD memiliki manfaat sebagai bahan evaluasi untuk mendeteksi kinerja OPD, sehingga perangkat daerah dapat menunjukkan kinerja yang sejalan dengan visi dan misi kepala daerah serta mengukur progam dan kegiatan yang sesuai keinginan dan kebutuhan masyarakat.

“Ketika kita dapat mendeteksi kinerja OPD yang sudah maksimal dan sesuai target, hasil dari evaluasi tersebut dapat kita gunakan kembali sebagai dasar untuk menyusun kegiatan di tahun berikutnya,” katanya.

Ia pun berharap LPPD yang akan dihasilkan dapat bersifat informatif, sistematis, dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Oleh karena itu kepala perangkat juga harus bertanggungjawab dan berupaya semaksimal mungkin dalam perbaikan LPPD ini serta mengatasi berbagai kendala yang bersifat internal,” harapnya.

Terakhir, Datu Iqro mengingatkan seluruh kepala perangkat yang mengikuti kegiatan ini untuk berkomitmen serius dalam mempertanggungjawabkan data yang dilampirkan dalam LPPD agar laporan yang dihasilkan dapat berkualitas dan memiliki hasil yang baik.

“Kegiatan ini benar-benar diikuti dengan serius dan khidmat agar kedepannya dalam penyusunan laporan tidak terjadi lagi hambatan serta kami instruksikan untuk mengecek kembali kebenaran dan kevaliditasan data yang diserahkan,” tutupnya. (gg/dkispkaltara)