TARAKAN – Pelaksana Harian (Plh) Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kaltara, Burhanuddin, S.Sos., M.Si membuka secara resmi kegiatan Penguatan Forum Satu Data Indonesia (SDI) Provinsi Kalimantan Utara, di Swiss Bell Hotel, Senin (25/3).

Dalam kesempatan tersebut Burhanuddin mengapresiasi terlaksananya kegiatan dan menyambut baik kepada narasumber dan peserta yang hadir.

“Kegiatan ini menjadi wadah yang tepat untuk memperkuat keterpaduan proses penyelenggaraan SDI di Provinsi Kalimantan Utara,”kata Burhanuddin membaca sambutan Gubernur Kaltara

Pada tahun 2023 Pemprov Kaltara telah membentuk forum SDI Kaltara yang ditetapkan melalui Keputusan Gubernur Kaltara nomor 188.44/K.115/2023 tentang rencana aksi Satu Data Indonesia (SDI) Provinsi Kalimantan Utara Tahun 2023-2024.

Burhan menyebutkan, forum SDI ini memiliki peran penting dalam menyajikan data dan informasi pembangunan yang akurat, berkualitas, valid dan terintegrasi sebagai acuan dalam penyusunan kebijakan dokumen perencanaan pembangunan dan penganggaran Pemprov Kaltara.

Lanjutnya, SDI tingkat daerah dilaksanakan untuk menjalin komunikasi dan koordinasi mengenai pemantauan perkembangan pencapaian rencana aksi, serta merumuskan bahan harmonisasi kebijakan pemerintah daerah mengenai pelaksanaan kebijakan SDI di tingkat daerah.

“Diharapkan para pemangku kepentingan di lingkup Provinsi Kalimantan Utara dapat mengambil langkah selanjutnya untuk percepatan penyelenggaraan satu data Indonesia di tingkat daerah dalam rangka mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi hingga pengendalian pembangunan,” tuntasnya.

Turut hadir Ketua Tim Kerja Fungsi Integritasi Pengelihan dan Diseminasi Statistik, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Katara, Dodi Raharjo,S,Si, Chief Data anda Governance Officer Sekretariat SDI tingkat Pusat Kementerian PPN/Bappenas, Dini Maghfirra secara virtual (zoom meeting).(dkisp)