TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) DR. (HC), H. Zainal A. Paliwang,M.Hum diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Datu Iqro Ramadhan,S.Sos.,M.Si., menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kayan tahun 2024, bertempat di Lapangan Apel Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Kaltara, Rabu (3/4).

Apel dipimpin langsung oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kaltara, Irjen. Pol. Daniel Adityajaya,S.H.,S.IK.,M.Si., yang dalam sambutannya menjelaskan tingkat kepuasan masyarakat pada penanganan mudik tahun 2023 mencapai 89,5 persen meningkat 15,7 persen dibandingkan tahun 2022.

“Hal ini wujud apresiasi masyarakat atas kerja keras kita bersama yang harus dipertahankan dan ditingkatkan dalam pengamanan arus mudik dan arus balik tahun ini,” ucap Kapolda membacakan sambutan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) tahun 2024 potensi pergerakan masyarakat selama arus mudik mencapai angka 193,6 juta orang atau meningkat hingga 55,4 persen dibandingkan tahun 2023.

“Berkaitan hal tersebut, Presiden Joko Widodo menetapkan bahwa mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali. Untuk itu dihimbau agar masyarakat mudik lebih awal,” Imbau Kapolda.

Sementara itu Datu Iqro mewakili Pemprov Kaltara mendukung penuh Polri selaku instrumen utama dalam penanganan arus mudik dan arus balik, agar masyarakat dapat menikmati mudik dengan aman dan nyaman.

“Kita mendukung supaya masyarakat kita dapat menikmati mudik dan balik dengan aman dan nyaman. Liburan tahun ini cukup panjang sekitar sepuluh hari, jumlah pemudik pasti meningkat,” ujar Datu Iqro

Libur panjang juga mempengaruhi peningkatan penggunaan moda transportasi baik laut, darat hingga udara di Kaltara yang diprediksi oleh Datu Iqro akan didominasi oleh pengguna transportasi udara dan laut.

“Sementara Kaltara yang banyak mudik itu melalui pesawat dan laut, sementara darat pemudik lokal antar kabupaten dan kota saja misal pulang ke Malinau, KTT yang banyak moda udara dan laut,” katanya.

Terakhir dirinya berpesan agar masyarakat lebih tertib dan berhati-hati untuk mudik.

“Semoga bisa menikmati mudik untuk berkumpul keluarga dengan selamat. Untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) kita harap tepat waktu baik memulai libur maupun kembalinya, karena kita sudah diberikan waktu libur sepuluh hari supaya mudik dan kembali tepat waktu,” pungkasnya. (dkisp)