TANJUNG SELOR – Demi pelaksanaan Pemilu dapat berjalan dengan tertib dan aman, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangol) Kaltara menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaporan Situasi Harian Daerah Bagi Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat se-Kalimantan Utara di Hotel Grand Pangeran Khar, Selasa (6/2).

Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kaltara, H. Iskandar, S.IP., M.Si., megungkapkan peserta yang hadir terdiri dari pemerintah daerah dan forum kewaspadaan dini masyarakat se-Kaltara.

Iskandar mengungkapkan Pemprov Kaltara berkomitmen penuh agar pelaksanaan Pemilu serta Pilkada 2024 ini berjalan dengan damai dan lancar.

“Agar Pemilu dan Pilkada 2024 ini berjalan dengan tertib dan damai, diperlukan pencegahan serta deteksi dini terhadap gangguan yang dapat menghambat pelaksanaan pemilu,”kata Iskandar.

Dengan digelarnya Bimtek ini, para peserta diharapkan berperan aktif meningkatan kewaspadaan dini di masyarakat.
“Maka dengan dilaksanakannya kegiatan Bimtek yang menghadirkan berbagai narasumber ini para peserta dapat berkomitmen serta berperan aktif melaksanakan pencegahan dini gangguan di daerah,” lanjutnya.

Karena itu, ia berharap tim kewaspadaan dini di daerah agar memahami tugasnya untuk mencegah potensi gangguan sesuai undang-undang yang berlaku, sehingga pelaksanaan Pemilu dan pilkada 2024 ini dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar.(dkisp)