Tarakan-Masih dalam nuansa menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kalimantan Utara (Kaltara) ke-9, Ikatan Pemuda Sulawesi Selatan (IPSS) Kaltara menyelenggarakan ‘IPSS Race Boat Cup I’ tahun 2021, di Dermaga Dit. Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Kaltara, Juata Laut, Rabu (13/10).

Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang membuka secara langsung lomba yang baru pertama kali diselenggarakan ini. Turut hadir seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kaltara.

Dalam sambutannya Gubernur mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini yang juga melibatkan speedboat yang berfungsi sebagai sarana angkut masyarakat dalam berkegiatan. Karena diketahui wilayah Bumi Benuanta ini banyak sungai dan laut.

“Termasuk para nelayan yang ingin pergi melaut ataupun pergi ke tambaknya,” ungkapnya.

Gubernur juga mengingatkan untuk para peserta agar lebih berhati-hati, menjaga keselamatan dan junjung sportivitas.

“Sekali lagi, sukses dan raih prestasi dan tunjukan kemampuan mengemudikan speed boat,” tambahnya.

Selain itu, Ketua IPSS Kaltara, Hasbudi, mengungkapkan bahwa 65 persen mata pencaharian warga Kaltara adalah nelayan. Dan speedboat merupakan jenis moda transportasi yang sering digunakan.

“Di Kaltara ada sekitar 3000-5000 unit speed boat dari berbagai macam bentuk dan model. Ada speedboat khusus untuk penumpang, logistik hingga speedboat untuk nelayan,” katanya.

Hasbudi menambahkan, tujuan dari kegiatan ini untuk menjalin kerjasama dan kekompakan di antara seluruh elemen masyarakat, menjalin silaturahmi antar lapisan masyarakat serta menumbuhkan rasa persatuan.

“Terlebih untuk meningkatkan sektor pariwisata, khusus di wilayah sungai dan laut,” tambahnya.

Kegiatan lomba ini melibatkan 69 peserta, yang di antaranya terdapat peserta dari luar Kaltara. Nantinya kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan untuk menyambut HUT Kaltara. (el.r/dkispkaltara)