Tanjung Selor-Dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) ke-26,Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kaltara lainnya menggelar rapat penentuan pemenang penghargaan ‘Statistics Award 2021’, di Ruang Command Center DKISP, Gedung Gabungan Dinas lantai V, Rabu (22/9).

Penghargaan Statistics Award 2021 dan merupakan bagian agenda perayaan HSN ke-26 yang jatuh pada tanggal 26 September. Rencananya acara akan dilaksanakan di Ruang Serbaguna Gedung Gabungan Dinas Pemprov Kaltara pada tanggal 27 September 2021.

Menurut Sekretaris Panitia, Jufri menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini sebagai bentuk perhatian terhadap pentingnya penataan data yang tersusun dan ditampilkan secara rapi dan bagus.

“Makanya dengan adanya penghargaan ini kita harapkan semua stakeholder perangkat daerah itu betul-betul bisa berpikir lagi bahwa memang data itu sangat dibutuhkan,” jelas Jufri yang juga menjabat Kepala Bidang Statistik pada DKISP.

Kategori penghargaan Statistics Award 2021, antara lain:

  1. OPD penghimpun metadata statistik sektoral terbaik kategori kegiatan survei
  2. OPD penghimpun metadata statistik sektoral terbaik kategori kegiatan kompilasi produk administrasi
  3. OPD pemohon dan pelaksana rekomendasi statistik terbaik
  4. Koordinasi dan kolaborasi terbaik antara pembina statistik dan OPD
  5. OPD dengan penyampaian data statistik sektoral terbaik pada publikasi Provinsi Kaltara dalam angka 2021
  6. OPD dengan penyampaian data statistik sektoral terbaik pada sistem informasi data statistik sektoral provinsi Kaltara

Selain itu, salah satu panitia, Yuni Satriana, mengungkapkan bahwa Statistics Award 2021 merupakan bentuk apresiasi kepada OPD atau SKPD yang ada di lingkup Pemprov Kaltara. Khususnya yang memberi perhatian terhadap statistik sektoral.

“Ini sebagai pemicu semangat OPD untuk bisa lebih giat dan lebih aware (perhatian, red) terhadap statistik sektoral,” ungkap penanggung jawab fungsi IPDS di BPS Kaltara.

Selain itu, dalam rangka HSN ke-26 akan dilaksanakan juga Webinar ‘Indonesia Tangguh dari Laut Kaltara, Kupas Tuntas Statistik Kelautan dan Perikanan 2021’

Yuni menambahkan, kegiatan webinar ini nantinya ingin mensosialisasikan seberapa besar potensi kelautan di wilayah Bumi Benuanta.

“Dari segi kelautan seberapa besar kontribusinya terhadap perekonomian yang ada di Kaltara,” pungkasnya.

Nantinya diakhir acara akan ada pembagian doorprize bagi tamu undangan. Tentunya euforia kegiatan ini nantinya akan terjaga hingga akhir acara. (el.r/dkispkaltara)