Tanjung Selor – Sejak dilantik menjadi Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) pada Senin, (15/2) di Istana Negara oleh Presiden Ir. Joko Widodo, Gubernur Zainal langsung tancap gas memulai hari pertama bekerja di Tanjung Selor, Kamis (18/2).

Setibanya di Tanjung Selor, Gubernur beserta istri dan rombongan bergegas menuju Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Pembendaharaan Provinsi Kaltara membahas mengenai penanda tanganan komitmen bersama zona integritas wilayah bebas korupsi. Pada sambutannya Gubernur Zainal menegaskan pesan yang disampaikan oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menghindari adanya konflik kepentingan antar pemerintah daerah.

Setelah itu, Gubernur Zainal menuju Kantor Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Kaltara pada pukul 11.00 WITA. Setibanya disana, Gubernur Zainal memasuki ruangan Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara Yansen Tipa Padan untuk menyapa. Bersama dengan Wagub Yansen, Gubernur Zainal memasuki ruang kerja untuk pertama kalinya.

Menurut usulan Wagub Kaltara, properti ruangan gubernur dengan bahan dasar kayu seperti kursi dan meja akan menggunakan rotan asli dari Kaltara. Selain itu, penggunaan batik khas Kaltara juga akan lebih dimaksimalkan lagi.

“Tanggung jawab kami bagaimana apa yang diperdebatkan ketika kita berdebat soal konsep pembangunan akan kita laksanakan. Termasuk dibidang pendidikan wajib belajar seperti apa, bidang ekonomi kerakyatan tadi beliau (Gubernur Kaltara : red) sudah tegaskan menggunakan produk-produk lokal. Ya, itu hal-hal yang sederhana tapi berdampak besar, nah ini harus diwujudkan.” Ungkap Wagub Kaltara Yansen.

Usai mengadakan rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kantor Pemprov Kaltara, Gubernur dan Wagub Kaltara bersama jajaran pemprov mendatangi wisata Kuliner Tepian Sungai Kayang (Kulteka)  pada pukul 14.10 WITA. Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Zainal berbaur dengan masyarakat sambil membagikan masker dan memberikan instruksi mengenai protokol kesehatan. Tidak lupa Gubernur Zainal bersama rombongan mendatangi pedangan-pedagang di Kulteka dan menikmati durian Kaltara.  Sambil berjalan di Tepian Sungai Kayan, Gubernur Zainal mendatangi masyarakat yang sedang bersantai dan melihat langsung aktivitas memancing masyarakat sekitar.

Terakhir, Gubernur dan Jajaran Pemprov Kaltara mengunjungi Komando Resor Militer (Korem) untuk bertegur sapa dan memberi semangat kepada anggota Korem yang sedang bergotong royong.(saq)