Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Utara (Kaltara) terpilih 2021-2024, Zainal Arifin Paliwang dan Yansen Tipa Padan resmi menjadi pemimpin baru setelah dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/2),  pukul 09.00 WIB. Terpilihnya gubernur dan wagub tersebut membuncahkan harapan warga Kaltara.

Hasim, salah satu penjual beras lokal di Pasar Induk Tanjung Selor mengungkapkan, sebagai warga Kaltara ia sangat berharap pemimpin baru dapat memajukan kesejahteraan rakyat. Dari segi infrastruktur ia meminta pemerintah untuk memperhatikan jalan penghubung antara Tanjung Selor dengan Tanah Kuning yang mengalami kerusakan.  Jalan tersebut adalah jalan yang biasa ia lalui untuk membawa beras, beberapa kali ia pernah terjatuh dari kendaraan bermotor karena jalan yang rusak cukup parah.

Selain itu, Dosen Universitas Kaltara Sabarudin mengatakan, dirinya mengenal sosok Gubernur Zainal sebagai pribadi yang agamis dan mampu merangkul masyarakat kecil dengan pembawaan humoris. Warga Kaltara sangat mumbutuhkan pemimpin yang mau berbaur untuk mengenal masyarakat lebih dekat. Ia  juga sangat berharap gubernur dan wagub terpilih dapat meningkatkan aspek pendidikan dengan menambah bantuan dana atau beasiswa. Menurutnya, pelajar dan mahasiswa sangat membutuhkan bantuan dana seperti Beasiswa Kaltara Cerdas dan Bantuan Mahasiswa Terdampak Covid-19.  “Coba diperhatikan anak-anak yang putus sekolah karena tidak ada biaya, karena sekarang banyak anak-anak yang putus sekolah” ujarnya.

Habirudin atau yang akrab disapa Datuk Kuning, salah satu pensiunan polisi menganggap pasangan Gubernur dan Wagub Kaltara yang baru adalah kombinasi tepat. Hal ini ia ungkapkan karena Gubernur Zainal memiliki kepribadain yang sederhana dan Wagub Yansen adalah sosok yang mampu memajukan Kaltara. Pada 100 hari pertama kepemimpinan, Habirudin berharap aspek kesehatan dapat lebih diperhatikan. Ia mengatakan pembangunan rumah sakit yang lebih memadai di Tanjung Selor adalah langkah awal paling tepat, selain itu aspek kedua yang membutuhkan perhatian lebih adalah pendidikan. “Guru ditingkatkan kualitasnya, kalau memang boleh ditambah lagi universitas”, sahutnya lagi. (saq)