JAKARTA – Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal A Paliwang, SH., M.Hum., meraih penghargaan Apresiasi Tokoh Indonesia oleh Tempo Media Group (PT. Tempo Inti Media, Tbk) dalam kategori Percepatan Infrastruktur. Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI), Budi Karya Sumadi di Ritz Carlton Hotel, Jakarta, Selasa (29/8/2023).

Kaltara mendapat pengakuan atas pertumbuhan ekonomi yang naik dari -1,09 pada 2020 menjadi 5,34 di 2022. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga meningkat dari 70,63 pada 2020 menjadi 71,83 di 2022. Pemprov Kaltara menargetkan percepatan infrastruktur di berbagai sektor, termasuk jalan, pelabuhan, dan bandara.

Gubernur Zainal Paliwang menyatakan bahwa penghargaan ini menjadi motivasi bagi Pemprov Kaltara untuk terus mempercepat pembangunan infrastruktur.

Baginya, ketersediaan infrastruktur merupakan langkah awal untuk membangun perekonomian. Dengan infrastruktur yang memadai, maka mobilitas orang dan barang akan lebih muda, cepat, efisien, dan berimplikasi positif pada sektor-sektor lain.

“Penghargaan ini menjadi semangat dan motivasi untuk Pemprov Kaltara terus mempercepat akselerasi pembangunan infrastruktur di Kaltara,” ungkap Gubernur Zainal.

Zainal juga memaparkan progres pembangunan jalan Malinau-Krayan dan rencana pembiayaan 8 program pembangunan infrastruktur di Kaltara pada tahun anggaran 2024.

Bahkan, baru-baru ini secara langsung memantau kemajuan proyek jalan Malinau-Krayan (Long Bawan) menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia. Harapannya, pada tahun 2024, jalan tersebut akan berfungsi sebagai akses suplai sembako, bahan material, dan bahan bakar minyak (BBM) ke Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan.

“Saat ini, kita sudah mengusulkan 8 program pembangunan infrastruktur di Kaltara dan telah dimasukkan dalam pembiayaan Pemerintah Pusat untuk tahun anggaran 2024,” ungkapnya.

Penghargaan serupa juga diterima oleh beberapa daerah lainnya seperti DKI Jakarta, Sulawesi Utara (Sulut), Kalimantan Timur (Kaltim), Tapanuli Utara, Musi Rawas, dan Banjarmasin.

Melihat daerah-daerah tersebut, terkenal dengan pembangunan infrastruktur terbesar di Indonesia, terutama DKI Jakarta dan Kalimantan Timur tempat berlangsungnya pembangunan IKN.

“Meskipun kita tergolong Provinsi muda yaitu Provinsi ke-34, tetapi dalam hal prestasi kita tidak pernah terbelakang. Hal ini kita buktikan dengan prestasi penghargaan ini,” imbuhnya.

Prestasi gemilang ini tidak lepas dari kerja keras Gubernur Zainal dan Wakil Gubernur Yansen dalam mendorong percepatan pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus dan prioritas utama dalam mencapai Kaltara yang berubah, maju, dan sejahtera. (dkisp)