Nunukan-Melihat peningkatan prestasi siswa-siswi pada ajang perlombaan tingkat nasional, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar sebuah acara penghargaan.

Acara ini turut dihadiri oleh Gubernur Zainal A. Paliwang, Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Teguh Henri Susanto, serta beberapa jajaran lainnya.

Dalam laporan panitia, Teguh menyampaikan beberapa hal terkait acara Pemberian Penghargaan Lomba-lomba Jenjang SMA/MA Tingkat Provinsi Kaltara dan Tingkat Nasional Tahun 2021 yang dihadiri oleh 28 siswa-siswi penerima penghargaan dari Kabupaten Nunukan serta 16 siswa-siswi perwakilan empat kabupaten/kota di Kaltara lainnya.

“Pembinaan minat, bakat, dan prestasi siswa merupakan salah satu program unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Puspresnas (Pusat Prestasi Nasional, red) dan Dinas Pendidikan Kaltara sebagai pelaksana di tingkat daerah,” ujar Teguh dalam kegiatan yang berlangsung di SMA Negeri 1 Nunukan, Sabtu (20/11/2021).

“Oleh karena itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltara berperan selaku pelaksana seleksi lomba tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi serta selaku pemberi pembinaan kepada peserta didik terkait lomba-lomba yang telah diprogramkan oleh Puspresnas,” bebernya.

Ia menyampaikan bahwa terdapat tujuh lomba yang telah diprogramkan, yakni Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI), National Schools Debating Championship (NSDC), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN), Kompetisi Sains Nasional (KSN), Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI), dan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI).

“Sebagai informasi, prestasi yang membanggakan diraih oleh siswi atas nama Aulia Nakaeisha yang merupakan siswi dari SMP Negeri 1 Sebatik Utara yang berhasil mengalahkan peserta dari jenjang SMA pada KSN dengan meraih juara tiga pada bidang lomba Informatika Komputer,” pungkasnya.

Melihat adanya prestasi yang diraih oleh calon penerus Benuanta ini, Gubernur Zainal memberikan banyak ungkapan terima kasih dan apresiasinya karena telah membantu pemerintah dalam mengharumkan nama baik Kaltara di ranah nasional.

“Para siswa-siswi yang saat ini sedang menempuh pendidikan akan mengisi pembangunan Indonesia, terutama di Kaltara kelak. Anak-anakku sekalian adalah penerus perjuangan kami sebagai para pendahulu dalam upaya mewujudkan Kaltara yang berubah, maju, dan sejahtera,” ungkap Gubernur Zainal.

Tidak hanya Aulia Nakaeisha, Muhammad Nazmi Anshori adalah nama lain yang merupakan siswa asal SMA Negeri 1 Nunukan juga merupakan salah satu dari beberapa siswa berprestasi Kaltara yang telah meraih medali perunggu pada ajang KSN.

“Anakku Nazmi akan mendapat uang pembinaan sebanyak 10 juta, setelah ini saya tambahkan lagi 5 juta. Semoga ini bisa jadi motivasi untuk semuanya agar dapat terus menunjukan prestasi, harus banyak membaca dan belajar, jadi jangan hanya main HP dan game saja,” ucap Gubernur dihadapan Nazmi dan seluruh hadirin.

“Saya yakin bahwa potensi kalian (para siswa-siswi yang hadiri, red) itu banyak, kompetensi kalian juga bagus-bagus. Apalagi jika terus dibina oleh bapak dan ibu guru, saya harap tenaga pengajar kalau lihat siswa berpotensi tolong anaknya dibina, jangan didiamkan saja,” pungkasnya. (saq/dkispkaltara)