TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A. Paliwang melantik dua kepala daerah di Kaltara secara bersamaan, di Ruang Serba Guna Lantai I Gedung Gabungan Dinas, Jumat (26/2).

Pelaksanaan pelantikan Syarwani-Ingkong Ala sebagai Bupati-Wakil Bupati Bulungan dan Ibrahim Ali-Hendrik sebagai Bupati-Wakil Bupati Tanah Tidung dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Ruang pelantikan hanya dibatasi untuk 25 orang dan setiap tamu undangan wajib menunjukkan surat keterangan bebas Covid-19.

Dimulai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) oleh Zainal kepada Bupati-Wakil Bupati Bulungan dan Tana Tidung di Kantor Gubernur Kaltara. Pasca penyerahan SK, Gubernur, Wakil Gubernur, Ketua DPRD, bersama pasangan Bupati dan Wakil Bupati yang akan dilantik berjalan beriringan menuju Gedung Gabungan Dinas yang menjadi tempat pelantikan.

Prosesi pelantikan diawali dengan kumandang lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan pembacaan SK Mendagri tentang pelantikan pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Selanjutnya pengambilan sumpah jabatan Bupati dan Wakil Bupati dengan dipimpin oleh Gubernur Zainal.

“Saya perlu mengingatkan bahwa sumpah atau janji  yang akan saudara-saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia. Janji saudara-saudara disaksikan oleh Tuhan yang maha mengetahui dan mendengar,” pesan Gubernur sebelum pengambilan sumpah jabatan.

Acara pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan sumpah janji jabatan dan pakta integritas oleh Gubernur Zainal bersama Bupati dan Wakil Bupati Bulungan dan Tana Tidung sebelum diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dari Gubernur Zainal dan Wakil Gubernur Yansen serta para tamu undangan.(saq)