TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), DR (H.C.) H. Zainal A. Paliwang, M.Hum membuka secara resmi Festival Ramadan dan Ngaji Kebangsaan di Lantai 1 Ruang Serbaguna Gedung Gadis, Jumat (22/3).

Pada kesempatan tersebut Gubernur Zainal mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini yang diinisiasi oleh Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Festival Ramadan salah satu agendanya yaitu penyaluran zakat serempak 1 juta paket dan kegiatan ini akan dicatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI), Pemprov Kaltara akan mendistribusikan 1.000 paket oleh Kanwil Kemenag Kaltara, 1.000 paket Baznas Provinsi Kaltara dan 1.000 paket dari Lembaga Amil Zakat (LAZ) Provinsi Kaltara,” tuturnya.

Sedangkan di tingkat Kemenag Kabupaten/Kota akan ada 500 paket sembako, serta 500 paket dari LAZ Kabupaten/Kota dan Baznas Kabupaten/kota.

Jelasnya, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program nasional dilaksanakan secara serentak selama bulan ramadan yang melibatkan semua elemen termasuk Kementerian Agama, Baznas dan LAZ.

Pada momen ini Gubernur Zainal didampingi Wakil Gubernur Kaltara, Dr. Yansen TP, M.Si dan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kaltara, Dr. H. Taufik Rahman, S.Ag., M.Pd., ikut menyerahkan secara simbolis paket sembako ramadan kepada tokoh agama dan masyarakat.

Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, terutama mereka yang membutuhkan, serta memperkuat ikatan sosial dan keagamaan di seluruh Indonesia selama bulan suci ramadan.

“Semoga festival ramadan tahun ini menjadi momen yang membawa berkah dan kebaikan bagi kita semua, serta amal yang kita lakukan di bulan suci ramadan ini akan dilipatgandakan oleh Allah SWT,” tuntasnya.(dkisp)