TANJUNG SELOR – Menjelang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) di bulan Juli mendatang, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) melakukan beberapa persiapan menyukseskan event yang pertama kali digelar di Provinsi Kaltara.

Hal ini disampaikan Plt. Kepala Bidang Olahraga, Rahman menyampaikan beberapa waktu lalu pihaknya telah melakukan rapat dan berkoordinasi dengan cabang olahraga (cabor).

“Kita sudah monitoring venue, hasil FGD yang dilaksanakan Dispora bersama dengan Dispora kabupaten/kota, Dinas Pendidikan kabupaten/kota,” katanya.

Kemudian dipertegas juga saat rapat koordinasi keolahragaan dan pemuda oleh Dispora Kaltara di Hotel Luminor, ada 8 cabor yang akan dipertandingkan.

Rahman memastikan venue yang akan digunakan dalam pertandingan Popda pada tanggal 24 – 29 Juli 2024 di Kota Tarakan nantinya sudah memenuhi standar keamanan dan layak untuk digunakan baik oleh panitia, peserta dan penonton.

“Venue yang pertama adalah stadion datu adil cabor sepak bola, kemudian bola volly di gor tipe B, cabor Basket gor tipe A, cabor sepak takraw dan tenis lapangan kita tandingkan di gor telaga keramat,” bebernya.

“Kemudian pencak silat kita mainkan di padepokan IPSI, bulu tangkis rencana kita mainkan di gor bulu tangkis SMA Negeri 2 Tarakan, sedangkan untuk olahraga tinju kita masih komunikasikan dengan teman – teman Pertina di sekitaran stadion Datu Adil” sambungnya.

Tujuan Popda ini adalah untuk mempersiapkan para atlet menuju Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) di Solo bulan November 2024 nanti.

Terkait Pra Popnas nantinya akan memperebutkan medali, pada juara 1,2 dan 3 kemudian akan masuk di Pra Popnas yang dilaksanakan di Aceh Sumut di tahun 2025.

Rahman berharap dengan pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah yang pertama kali di Kaltara bisa mendapatkan hasil seleksi terbaik untuk membawa atlit pelajar Kaltara berlaga di tingkat nasional yaitu Pra Popnas.

“Jadi di seleksi Provinsi dulu lalu Pra Popnas, wilayah kita masih di wilayah 3, misalkan kita juara 3, 2 dan 1 mendapat mendapat perak, perunggu dan emas maka kita masuk di Pra Popnas Aceh Sumatera Utara untuk tingkat nasionalnya,” tuntasnya.(dkisp)